Cara Menghitung Masa Subur Secara Mandiri, Efektif dan Akurat

Ada banyak hal yang perlu dipikirkan saat mempersiapkan kehamilan, termasuk menghitung masa subur. Pasalnya, dengan mengetahui kapan masa subur berlangsung pada wanita, pasangan yang ingin punya anak bisa memperkirakan waktu yang tepat untuk pembuahan. Lalu bagaimana cara menghitung masa subur setelah haid secara mandiri? Mungkin, pada awalnya membingungkan, namun jika sudah tau caranya, menghitung masa subur tidaklah serumit itu, kok.

Memahami Kapan Masa Subur Wanita Berlangsung

Bagaimana caramu selama ini menghitung siklus haid dan ovulasi? Apakah kamu pernah menerapkan cara menghitung masa subur dengan kalender? Jika kamu masih bingung, berikut 

Bagaimana caramu selama ini menghitung siklus haid dan ovulasi? Apakah kamu pernah menerapkan cara menghitung masa subur dengan kalender? Jika kamu masih bingung, berikut ini beberapa poin yang bisa kamu jadikan patokan untuk menemukan masa subur:

  • Saat menghitung siklus haid, hari dimulainya menstruasi adalah hari ke-1.(1)
  • Biasanya, wanita paling subur antara 2-5 hari sebelum ovulasi dan pada hari ovulasi.(1)
  • Siklus 27 hari = ovulasi terjadi sekitar hari ke-13,(1)
  • Siklus 28 hari = ovulasi terjadi sekitar hari ke-14,(1) dan
  • Siklus 30 hari = ovulasi terjadi sekitar hari ke-16.(2)

     

Jangan Keliru, Begini Cara Menghitung Masa Subur(3)

Ingat baik-baik, hari pertama dalam siklus haid adalah hari pertama keluarnya darah menstruasi. Kamu bisa menerapkan 3 langkah di bawah untuk mengetahui cara menghitung masa subur wanita:

  1. Catat berapa lama siklus haid selama ini. Jika memungkinkan, kamu perlu menyertakan catatan siklus haid selama 6-12 bulan terakhir. Semakin lengkap semakin bagus sebagai cara menghitung masa subur.
  2. Menghitung dari siklus menstruasi terpendek. Kurangi 18 dari jumlah total hari yang ada pada siklus haid terpendek. Nah, angka ini yang dapat mewakili hari pertama masa subur. Misalnya, jika siklus terpendekmu adalah 26 hari, maka 26 - 18 = 8. Maka, hari ke-8 adalah perkiraan masa suburmu.
  3. Menghitung berdasarkan siklus haid terpanjang. Wanita yang memiliki siklus menstruasi panjang bisa menggunakan tips ini. Caranya, kurangi 11 dari jumlah total hari dalam siklus haid terpanjang. Hasil angka pada pengurangan ini merupakan penanda hari subur terakhir. Misalnya, jika siklus terpanjangmu adalah 32 hari, maka 32 - 11 = 21. 
    Berapa Lama Sel Sperma bisa Bertahan? 
    Ovulasi terjadi ketika ovarium melepaskan satu sel telur yang matang ke tuba falopi. Pada saat ini, sel telur hanya bertahan sekitar 12-24 jam di dalam saluran reproduksi,(2) namun sperma bisa hidup di saluran tuba wanita hingga 5 hari. Jadi, meskipun kamu dan pasangan berhubungan beberapa hari sebelum ovulasi, masih ada kemungkinan sperma di dalam saluran reproduksi tetap bisa membuahi telurmu.(1)

Berapa Lama Sel Sperma bisa Bertahan?

Ovulasi terjadi ketika ovarium melepaskan satu sel telur yang matang ke tuba falopi. Pada saat ini, sel telur hanya bertahan sekitar 12-24 jam di dalam saluran reproduksi,(2) namun sperma bisa hidup di saluran tuba wanita hingga 5 hari. Jadi, meskipun kamu dan pasangan berhubungan beberapa hari sebelum ovulasi, masih ada kemungkinan sperma di dalam saluran reproduksi tetap bisa membuahi telurmu.(1)
 

Ciri-Ciri Lain yang Menandakan Masa Subur

  1. Sakit pada payudara. Payudara yang lebih sensitif dapat menjadi tanda ovulasi lainnya, seperti terasa sakit, karena pengaruh hormon yang diproduksi di dalam tubuh sebelum dan setelah ovulasi. Beberapa wanita mengeluhkan kondisi ini tepat sebelum ovulasi, sementara yang lain mungkin merasakannya tepat setelah ovulasi terjadi.(4)
  2. Nyeri pada perut bagian bawah. Rasa nyeri yang terjadi saat masa ovulasi bisa terasa seperti menusuk di sisi perut di mana ovarium melepaskan sel telur. Durasi berlangsungnya nyeri ini bisa berlangsung mulai dari beberapa menit hingga beberapa jam. Namun, apabila rasa nyeri semakin parah, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada gangguan seperti endometriosis atau kista ovarium.(4)
  3. Gairah seksual lebih tinggi. Ketika hormon dalam tubuh kita berubah, hal ini dapat mempengaruhi emosi kita, termasuk hasrat seksual. Nah, pada wanita, hasrat seksual yang lebih tinggi terjadi ketika kadar hormon estrogen meningkat. Selain itu, pada masa ini, lawan jenis juga akan merasa lebih tertarik pada pasangannya. Menurut penelitian, fase peningkatan hasrat seksual ini berlangsung selama sekitar enam hari dan bersamaan dengan produksi hormon luteinizing (LH).(5)
  4. Peningkatan suhu basal tubuh. Meski jarang disadari, namun gejala ini tetap dapat menjadi tanda dari ovulasi. Suhu tubuh basal akan meningkat selama ovulasi dan tetap tinggi selama periode tersebut.(4) Setelah ovulasi, suhu tubuh basal wanita akan naik sekitar 0,4-1,0°C. Kenaikan suhu ini biasanya terlalu kecil untuk dirasakan, sehingga lebih baik diukur dengan termometer yang akurat.(6)
  5. Perubahan pada air liur. Air liur wanita akan berubah sesuai dengan jumlah hormon estrogen dalam tubuhnya. Misalnya, jumlah estrogen akan meningkat drastis beberapa hari sebelum ovulasi, dan meningkat sedikit beberapa hari sebelum menstruasi tiba. Jadi, peningkatan air liur bisa menjadi salah satu tanda yang bisa dideteksi sebagai penanda masa ovulasi.(6)
  6. Keluarnya lendir serviks. Saat tubuh wanita mulai mendekati ovulasi, produksi estrogen juga bertambah lebih banyak, sehingga menghasilkan cairan jernih, seperti putih telur, yang nantinya akan membantu sperma berenang ke arah sel telur yang dilepaskan selama ovulasi. Biasanya, cairan keputihan ini akan terasa lengket dan lentur atau sangat basah dan licin, yang merupakan tanda fase subur pada wanita.(4)

Memprediksi Masa Subur Dengan Ovulation Test Pack(4)
Ovulation test pack dapat mengukur kadar hormon luteinizing (LH) dalam urin. Kadar hormon LH yang tinggi menandakan ovulasi akan terjadi dalam waktu 10 - 12 jam setelah puncak LH, yang biasanya terjadi pada hari ke-14 dan 15 dari siklus haid 28 hari.

Cara kerjanya pun mirip dengan pregnancy kit, di mana kita diharuskan untuk meletakkan sampel urin pada stik dan menunggu hingga muncul garis. Jika warna garis sesuai dengan petunjuk, maka ovulasi akan terjadi dalam waktu 24 hingga 48 jam. Jika tidak yakin, kamu bisa melakukan tes ulang setelah 12 jam.

Itulah yang perlu diketahui tentang cara mengetahui masa subur wanita. Dengan cara menghitung masa subur dapat membantu kamu untuk merencanakan kehamilan. Kamu bisa mulai mengonsumsi suplemen multivitamin persiapan kehamilan yang mengandung asam folat 800 mcg, vitamin D 1000 IU, serta vitamin dan mineral lainnya setidaknya satu bulan sebelum menjalankan program hamil. Disarankan untuk memilih 1 tablet multivitamin yang memiliki kombinasi dari keduanya atau komposisi lengkap agar lebih praktis dan hanya perlu dikonsumsi satu kali sehari. Asam folat dan vitamin D diketahui dapat memelihara kesehatan dan fungsi indung telur (ovarium), mendukung proses pembuahan dan pembentukan bakal janin.
 

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

Reference:

  1. Dawn Stacey. When Are You The Most Fertile? Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/fertility-when-are-your-most-fertile-days-906753.
  2. Nicole Harris. Ovulation Cycles and Why They Can Be Confusing. Parents. https://www.parents.com/getting-pregnant/ovulation/ovulation-cycles-and-why-they-can-be-confusing/.
  3. Mayo Clinic. Rhythm Method for Natural Family Planning. Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/rhythm-method/about/pac-20390918. 
  4. Brooke Showell. Ovulation Symptoms: 9 Signs of Ovulation. The Bump. https://www.thebump.com/a/ovulation-symptoms-signs-of-ovulation#4.
  5. Rachel Gurevich. Increased Sex Drive During Ovulation. Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/in-the-mood-you-may-be-ovulating-1960259.
  6. Dr Sarah Johnson. Signs of Ovulation. Clear Blue. https://www.clearblue.com/ovulation/ovulation-symptoms.