6 Cara Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil

Segala upaya tentu akan dilakukan agar bisa cepat mendapat momongan. Mulai dari mengubah gaya hidup, pola makan, hingga memperhatikan masa subur. Ada yang berpendapat bahwa sering berhubungan seks maka meningkatkan peluang untuk hamil. Padahal, lebih penting untuk berhubungan di waktu yang tepat dibandingkan dengan jumlah frekuensinya. Informasi di bawah ini akan memandumu dan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan tentang tips dan cara berhubungan intim agar cepat hamil.

Cara Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil Setelah Haid

Baik sebelum atau setelah haid, penting untuk mengetahui masa suburmu. Setiap wanita memiliki 1 minggu setiap bulannya di mana hubungan seks paling mungkin menyebabkan kehamilan. Periode ini disebut juga sebagai masa subur, yang dimulai sekitar 5 hari sebelum masa ovulasi. Agar meningkatkan risiko bisa hamil, disarankan untuk berhubungan mulai dari sebelum ovulasi.

Ovulasi biasanya terjadi sekitar hari ke 12 hingga 14 dari siklus 28 hari, tetapi bisa bervariasi berdasarkan lamanya siklus mereka dan bahkan dapat bervariasi dari siklus ke siklus. Telur yang sedang berovulasi hanya mampu dibuahi selama 12-24 jam setelah lepas dari ovarium, namun sperma dapat hidup hingga 5 hari di saluran reproduksi wanita.(1)

Cara Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil

Tentunya, banyak pasangan yang belum tahu bagaimana cara berhubungan agar cepat hamil. Sebenarnya, dengan melakukan hubungan intim secara konsisten, sebagian besar pasangan yang sehat akan mendapatkan kehamilan dalam waktu 1 tahun.(2) Namun, kamu bisa menerapkan tips di bawah ini agar kehamilan bisa terjadi lebih cepat.

  1. Jalani gaya hidup sehat. Hal pertama yang tidak bisa diabaikan adalah menjaga kesehatan. Agar kualitas sperma dan ovarium tetap baik, berhentilah merokok karena tembakau berdampak negatif pada kesuburan dan kesehatan janin. Perbanyak olahraga dan jangan minum alkohol karena kebiasaan ini juga menurunkan kesuburan.(2) Untuk dukung tingkatkan peluang hamil, ada kebaikan multivitamin dan mineral yang siap menutrisi sejak persiapan kehamilan.
  2. Persiapkan organ vital dengan baik. Sebelum mulai berhubungan, sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat bagi vagina agar dapat menerima sperma tanpa hambatan. Hindari sabun pembersih kewanitaan yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan pH, serta jangan gunakan pelumas buatan yang mengandung gliserin (karena bisa membunuh sperma).(3)
  3. Berhubungan intim secara teratur. Jangan menunda hubungan intim terlalu lama, karena meski hal ini bisa meningkatkan jumlah sperma, namun di sisi lain juga bisa menurunkan usia sperma. Begitu pula melakukan hubungan seks terlalu sering juga dapat menyebabkan kelelahan dan kualitas sperma belum matang. Sebaiknya, beri jeda 1-2 hari dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.(4)
  4. Tetap rileks dan jangan stres. Bagaimanapun juga, jangan sampai kamu menjadikan seks sebagai beban. Terkadang, program hamil bisa membuat salah satu atau kedua pasangan menjadi stres. Jadi, tak perlu benar-benar memaksakan diri untuk berhubungan jika memang hanya akan membuatmu stress. Lakukan hubungan intim dengan cara yang membuatmu dan pasangan merasa lebih nyaman.(4)
  5. Berbaring beberapa menit setelah berhubungan. Jangan langsung melompat dan lari ke kamar mandi setelah bercinta. Berbaring selama 10 menit dapat membantu sperma agar mencapai dan membuahi sel telur. Meski hanya ada sedikit bukti ilmiah akan hal ini, namun tak ada salahnya dicoba. Selain itu, bisa juga mencoba menyelipkan bantal di bawah pinggul setelah berhubungan seks, agar gravitasi dapat menarik sperma menuju ovum lebih baik.(5)
  6. Posisi terbaik agar cepat hamil. Sebenarnya, dengan adanya ratusan juta sel sperma yang dikeluarkan pada setiap orgasme pria, hubungan seks yang dilakukan tanpa pengaman dan dilakukan saat masa ovulasi tetap dapat menyebabkan kehamilan. Namun, posisi tertentu seperti misionaris (pria di atas) dan doggy-style (pria di belakang) memungkinkan penetrasi lebih dalam sehingga bisa membantu sel sperma menemukan jalan menuju sel telur.(6) 

Itulah berbagai cara berhubungan intim agar cepat hamil yang bisa dicoba untuk meningkatkan peluangmu dan pasangan. Selain mengikuti tips di atas, jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan dan mengonsultasikan program kehamilan dengan dokter kandungan. Untuk meningkatkan peluang kehamilan, bantu tubuh Anda untuk persiapkan nutrisi yang dibutuhkan dalam meunjang kehamilan dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin yang mengandung Vitamin B9 (Asam Folat dan Metafolin) 800 mcg, vitamin D 1000 IU, serta vitamin dan mineral lainnya sebanyak sekali sehari setidaknya 6 bulan sebelum program hamil dimulai. Semoga berhasil!

CH-20240408-05

Artikel ini ditinjau oleh: 
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

Reference:

  1. Rachel Gurevich. When and How Often to Have Sex to Get Pregnant. Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/when-and-how-often-to-have-sex-to-get-pregnant-1960289
  2. Mayo Clinic Team. Getting Pregnant. Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/how-to-get-pregnant/art-20047611#:~:text=The%20highest%20pregnancy%20rates%20occur,the%20end%20of%20your%20period
  3. Ann Douglas. Fertility and conception tips: What to Do Before Getting Pregnant. Today's Parent. https://www.todaysparent.com/getting-pregnant/fertility-and-conception-tips/
  4. Tamekia Reece. 13 Things to Know If You're Having Sex to Get Pregnant. Parents. https://www.parents.com/getting-pregnant/trying-to-conceive/tips/best-sex-for-getting-pregnant/#:~:text=There%20is%20no%20magic%20number,of%20times%20you%20have%20sex
  5. Maureen Salamon. The Truth About Sexual Positions and Getting Pregnant. Web MD. https://www.webmd.com/baby/fertility-sexual-positions#:~:text=Tuck%20a%20pillow%20under%20your,let%20gravity%20assist%20the%20sperm
  6. Stephanie Watson. Babymaking 101: Ways to Get Pregnant Faster. Healthline. https://www.healthline.com/health/sex-for-pregnancy