8 Tips Menjadi Ibu Baru Yang Hebat Bagi si Kecil

Menjadi ibu baru adalah perjalanan yang penuh kegembiraan dan tantangan. Dalam peran ibu baru ini, kamu berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi si Kecil, sembari belajar segala hal baru setiap hari, bahkan tanpa jeda tidur pada malam hari. Menurut banyak pengalaman para ibu, rasa lelah dan stres adalah 2 hal yang pasti dihadapi pada tahap awal menjadi ibu baru. Namun jangan menyerah, berikut beberapa tips agar kamu bisa belajar menjadi ibu baru.(1)

Tips Penting Menjadi Ibu Baru yang Bisa Kamu Lakukan

Sebagai ibu baru, kamu akan dibanjiri dengan banyaknya informasi untuk menyiapkan diri dalam waktu singkat, namun terlalu banyak informasi juga dapat membuat kamu kewalahan. Berikut cara menjadi ibu yang baik:

  1. Konsumsi Suplemen Multivitamin dan Mineral Sejak Persiapan Kehamilan.
    Selain fokus pada makanan kaya nutrisi, lengkapi juga asupan menjadi Ibu baru dengan Multivitamin Promil-Bumil-Busui yang mengandung kalsium, zinc, magnesium, vitamin B6, dan folat (asam folat/metafolin) yang penting bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi.(2) Nutrisi yang baik akan membantu fisik lebih kuat yang juga berpengaruh kepada kesehatan mental Ibu. Jangan kurangi asupan kalori atau lakukan diet ketat.
  2. Terhubunglah Dengan Komunitas
    Menemukan komunitas ibu baru yang solid adalah kunci penting. Di dalam lingkungan tersebut, kamu dapat saling mendukung, memberikan motivasi, dan berbagi nasehat berharga untuk menjalani peran sebagai ibu. Bersama orang-orang yang seperjalanan, kamu akan menghadapi tantangan dengan lebih baik dan merasakan kekuatan dari persahabatan yang terjalin di antara para ibu baru.(2)
  3. Tidak Perlu Mencoba Jadi Ibu yang Sempurna
    Menjadi ibu adalah sebuah peran yang penuh tantangan, tetapi juga sangat berharga. Percayalah pada instingmu dan jangan menilai diri sendiri dari apa yang ditampilkan dari media sosial. Jangan terlalu keras pada diri sendiri atau berkecil hati jika kamu gagal. Ketika kamu merasa terpuruk, bangkitlah kembali dan temukan cara baru untuk mencoba cara atau solusi yang lain.(2)
  4. Mempelajari Tentang Baby Blues Serta Postpartum Depression
    Mengasuh anak dan menjalani peran sebagai ibu penuh dengan tantangan dan perubahan emosional. Jika kamu merasa depresi pasca persalinan, ingatlah bahwa kamu tidak sendirian. Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi beban tersebut, berikut di antaranya:(3) 
    • Carilah Pendengar: Temukan pendengar yang baik, seperti terapis profesional, teman, atau anggota keluarga yang dapat memberikan dukungan dan memahami perasaan kamu.(3)
    • Pola Makan Sehat dan Olahraga: Perhatikan pola makan yang sehat dan lakukan olahraga ringan yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.(3)
    • Utamakan Istirahat Cukup: Berikan diri waktu yang cukup untuk beristirahat, tidur yang cukup, dan luangkan momen untuk melepaskan stres.(3)
    • Interaksi Sosial: Jaga interaksi sosial yang positif dengan teman-teman melalui pertemuan atau obrolan online untuk mendapatkan dukungan emosional.(3)
    • Merawat Diri Sendiri: Jangan lupakan diri sendiri dalam kesibukan mengurus bayi. Temukan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti membaca buku atau melakukan hobi yang memberikan kepuasan pribadi.(3)
    • Berbagi Tugas Rumah Tangga: Jika merasa terbebani dengan tugas rumah tangga, mintalah bantuan dari pasangan, keluarga, atau teman untuk mengurangi bebanmu.(3)
  5. Pertimbangkan Penggunaan Kontrasepsi
    Jika tidak berencana untuk hamil lagi, penting untuk menggunakan metode kontrasepsi setiap kali berhubungan seks setelah melahirkan, bahkan pada hubungan pertama setelah kelahiran. Pastikan kamu memahami dan memilih metode kontrasepsi yang sesuai untuk melindungi diri kamu.(4)
  6. Rutin Membawa Bayi Untuk Pemeriksaan/Vaksinasi
    Vaksinasi untuk bayi juga tidak boleh dilewatkan karena penting untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhannya. Di usia 1-4 minggu, 6-8 minggu dan 6-8 bulan, bayi harus menjalani jadwal vaksinasi. Selama tahun pertama, vaksinasi dilakukan pada usia 2, 4, 6, dan 12 bulan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak agar tidak ada jadwal yang terlewat.(5)
  7. Mengikuti Kelas Pelatihan Merawat Bayi Baru
    Kelas pelatihan ini dapat mengurangi kekhawatiranmu sebagai orang tua baru. Karena ditujukan agar orang tua paham apa yang harus dilakukan saat si Kecil lahir serta bertemu dengan para orang tua baru yang juga mengalami tantangan serupa dalam melahirkan dan merawat bayi.(6)
  8. Pastikan Suami dan Lingkungan Terdekat Menjadi Support System Terbaik
    Dukungan dari lingkungan terdekat dapat menjadi kunci penting dalam mendorong perubahan gaya hidup sehat selama menjadi ibu baru. Merasa didukung dengan baik memberikan rasa keterhubungan dan kenyamanan. Dukungan ini membantu mengatasi kekhawatiran dan ketakutan yang dapat timbul saat menjadi ibu baru.(7)

Itulah beberapa tips yang perlu diketahui untuk sukses menjadi ibu baru. Ingatlah untuk selalu mencari bantuan saat kamu membutuhkannya. Tetaplah tenang dan santai dalam perjalanan ini. Jangan lupa untuk rutin mengonsumsi suplemen multivitamin kehamilan yang mengandung Vitamin B9 (Asam Folat dan Metafolin) 800 mcg, vitamin D 1000 IU, serta vitamin dan mineral lainnya sebanyak sekali sehari selama kehamilan agar kebutuhan gizi ibu dan si Kecil terpenuhi dengan baik. Tetaplah bersemangat, kamu akan menjadi seorang ibu yang hebat!

CH-20240408-05

Artikel ini ditinjau oleh: 
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

Reference:

  1. Health Partners. Advice for New Moms: 12 Things To Know: Health Partners.
    https://www.healthpartners.com/blog/baby-advice-for-new-moms/
  2. Megan Beauchamp. The Best Advice for New Moms, According to New Pros. Brides.
    https://www.brides.com/advice-for-new-moms-5112045 
  3. Cleveland Clinic Team. Postpartum Depression: Causes, Symptoms & Treatment. Cleveland Clinic. 
    https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9312-postpartum-depression 
  4. NHS Team. Sex and Contraception After Birth. NHS
    https://www.nhs.uk/conditions/baby/support-and-services/sex-and-contraception-after-birth/ 
  5. Health Partners. Child Immunization by Age. Health Partners.
    https://www.healthpartners.com/blog/childhood-immunization-schedule-by-age/ 
  6. Premier Care For Women. Why Childhood Education Classes are Important for New Parents. Premiere Care for Women.
    https://premiercare4womenaz.com/why-childbirth-education-classes-are-important-for-new-parents/ 
  7. Dr Lauren Rockliffe. The Importance of Social Support in Pregnancy and Ways to Connect With Others. Together for Every Baby
    https://www.tommys.org/pregnancy-information/pregnancy-news-blogs/pregnancy-news-blogs-being-pregnant/importance-social-support#:~:text=Having%20support%20around%20you%20can,or%20concerns%20that%20may%20arise