Segudang Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Janin

Kamu pasti sudah tahu bahwa ibu hamil harus makan banyak makanan bergizi saat hamil, seperti protein, serat, kalsium, hingga berbagai jenis vitamin. Namun tahukah kamu, apa saja peran asam folat dalam mendukung kehamilan mulai dari trimester pertama hingga ketiga? Yuk, simak penjelasan lengkap manfaat asam folat untuk ibu hamil di bawah ini.

Sekilas Tentang Asam Folat

Asam folat atau folic acid yang berasal dari turunan vitamin B ini memiliki banyak manfaat bagi ibu maupun janinnya yang masih dalam tahap perkembangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika seorang wanita mulai mengonsumsi asam folat bahkan sebelum mereka hamil, kebiasaan ini akan berdampak positif terhadap kehamilan. Beberapa manfaat asam folat tersebut di antaranya adalah:

  1. Mengurangi resiko keguguran. Beberapa wanita dengan kondisi rahim yang kurang baik, biasanya disebabkan karena kekurangan asam folat. Asam folat bisa mengurangi resiko keguguran karena memperkuat rahim atau mengoptimalkan pertumbuhan jaringan janin di dalam rahim sehingga penting bagi bumil agar segera mendapatkan cukup asam folat sedini mungkin.(1)
  2. Mencegah cacat otak pada bayi. Konsumsi rutin asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan tulang belakang bayi, yang biasa disebut sebagai cacat tabung saraf. Pada beberapa minggu pertama kehamilan, sebuah struktur yang disebut tabung saraf berguna untuk pembentukan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Nah, asam folat adalah zat penting yang dibutuhkan untuk mendukung proses ini.(1) Kekurangan zat ini dapat membuat otak bayi gagal berkembang atau menyebabkan keterbelakangan.(2)
  3. Mengurangi risiko sumbing pada bayi. Konsumsi folat juga dapat membantu menjauhkan risiko bayi terlahir dengan kekurangan fisik. Asam folat berperan untuk mencegah bibir sumbing serta cacat mulut pada bayi, di mana terdapat celah pada bagian dalam langit-langit mulutnya yang tidak terbentuk dengan benar.(1)
  4. Menjauhkan dari anemia. Asam folat memiliki fungsi bagi tubuh untuk membuat sel baru, termasuk sel darah merah. Nah, bumil yang tidak mendapatkan cukup asam folat selama masa kehamilan dapat memiliki kondisi yang disebut anemia defisiensi folat. Saat hal ini terjadi, tubuh tidak dapat membuat cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Gangguan ini dapat mempengaruhi banyak aspek kesehatan, termasuk fungsi organ.(2)
  5. Menghindarkan dari komplikasi kehamilan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi asam folat yang cukup terutama saat kehamilan dapat mengurangi risiko bumil mengalami komplikasi kehamilan. Komplikasi yang dimaksud adalah seperti kelahiran bayi prematur, masalah perkembangan plasenta, dan kelainan lahir lainnya, seperti masalah pada organ jantung bayi.(2)

Cara Memenuhi Kebutuhan Konsumsi Asam Folat

Para bumil yang ingin perkembangan janinnya tak terhambat, harus memenuhi kebutuhan gizi dari berbagai sumber makanan. Asam folat sendiri merupakan bagian dari vitamin B, dan mudah ditemukan di berbagai menu seperti gandum, kacang-kacangan, buah alpukat, brokoli dan hati sapi.(2,3)

Namun, beberapa wanita memiliki kesulitan untuk mengubah asam folat menjadi folat aktif yang dibutuhkan tubuh. Agar kebutuhan folat aktif terpenuhi, bumil bisa mengkonsumsi Metafolin yang tersedia dalam bentuk suplemen. Metafolin sendiri merupakan bentuk folat aktif yang dapat langsung diserap oleh tubuh ibu hamil tanpa perlu dimetabolisme oleh enzim di dalam tubuh.

Apalagi, ibu hamil sudah pasti akan membutuhkan lebih banyak nutrisi daripada sebelum hamil. Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi vitamin persiapan kehamilan.(4) Agar bayi terlahir sehat dan kuat, rutin mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B9 (Asam Folat dan Metafolin) 800 mcg, vitamin D 1000 IU, serta vitamin dan mineral lainnya sebanyak sekali sehari dapat membantu pertumbuhannya selama berada di dalam kandungan. Sehat selalu ya bumil dan si Kecil!

CH-20240408-05

Artikel ini ditinjau oleh: 
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

Reference:

  1. Jennifer Kelly Geddes. Folic Acid During Pregnancy. What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/folic-acid-during-pregnancy.
  2. Zawn Villines. Folic acid for pregnancy: Sources, dosage, and uses. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/folic-acid-for-pregnancy.
  3. Rachael Ajmera. 15 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid). Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-folate-folic-acid.
  4. Thinh Phu Nguyen. Folic Acid and Pregnancy. Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/preg-folic-acid.html.
    Francesco Scaglione & Giscardo Panzavolta (2014) Folate, folic acid and 5-methyltetrahydrofolate are not the same thing, Xenobiotica, 44:5, 480-488, DOI: 10.3109/00498254.2013.845705.