Daftar Barang Yang Wajib Dibawa Untuk Persiapan Persalinan

Semakin dekat dengan hari persalinan, tentu semakin besar juga antusiasme untuk mempersiapkan hari kelahiran Si Kecil dengan sempurna. Salah satu hal krusial dalam tahapan ini adalah menyiapkan tas persiapan persalinan yang berisi semua perlengkapan penting saat sebelum dan setelah melahirkan. Persiapan persalinan pun harus dilakukan setidaknya sejak beberapa minggu sebelum HPL (hari perkiraan lahir). Yuk, simak daftar barang yang dibawa saat persalinan yang perlu kamu sediakan sebelum menjelang hari persalinan!

Daftar Barang yang Dibutuhkan Untuk Persiapan Persalinan

Persiapan persalinan yang matang sangat lah penting, terutama jika bumil akan melahirkan di fasilitas kesehatan yang jauh dari rumah. Berikut daftar lengkap yang bisa dibawa dari rumah agar pengalaman selama menginap di rumah sakit atau puskesmas menjadi lebih nyaman.

  1. Data Pribadi​​
    Data pribadi wajib dibawa ke mana-mana, terutama ketika akan melahirkan. Saat mempersiapkan kelahiran pertama, ibu harus menyiapkan beberapa berkas seperti KTP/SIM dan kartu keluarga, serta kartu asuransi jika ada. Hal ini dikarenakan proses dalam mengurus administrasi di rumah sakit membutuhkan data pribadi yang lengkap.(1)
  2. Massage Oil (Minyak Pijat)
    Pijatan selama persalinan dapat membantu meredakan rasa nyeri secara efektif. Minyak pijat bisa menjadi benda penting untuk dibawa, karena dapat memberikan efek menghangatkan dan aroma yang menenangkan saat dioleskan di bagian tubuh yang mengalami kontraksi, seperti leher, punggung, atau perut.(1)
  3. Multivitamin dan Mineral untuk Ibu
    Penting untuk selalu dibawa sebagai amunisi Ibu dalam mempersiapkan kelahiran bahkan hingga waktu menyusui. Multivitamin dan mineral ini bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen, pastikan kandungannya sudah sesuai dengan kebutuhan Ibu ya.
  4. Body Care (Perlengkapan Perawatan Tubuh)
    Jangan lupa untuk mengemas peralatan mandi serta make up wajah jika berencana menggunakannya. Meskipun rumah sakit menyediakan beberapa peralatan mandi, mungkin ibu akan lebih nyaman jika menggunakan barang pribadi. Jangan lupa, bagi ibu yang menjalani operasi caesar, dry shampoo bisa sangat berguna karena mandi basah mungkin belum diperbolehkan dalam 1-2 hari pasca operasi.(1)
  5. Pakaian yang Nyaman
    Siapkan pakaian tidur, sandal dan kaos kaki untuk aktivitas selama persiapan persalinan atau pemulihan. Meskipun rumah sakit menyediakan pakaian dan kaos kaki, beberapa ibu lebih memilih membawa sendiri. Pilih pakaian yang nyaman dan longgar untuk memeriksa tekanan darah dengan mudah. Sebaiknya membawa pakaian dengan bukaan depan untuk mempermudah proses kontak kulit dan dan menyusui ketika si Kecil sudah lahir nanti.(1)
  6. Barang Favorit
    Bawa barang favorit atau kesukaan ibu seperti boneka, buku, novel atau bantal saat menginap di rumah sakit. Benda-benda tersebut dapat memberikan kenyamanan dan mengurangi stres sebelum melahirkan. Ibu juga dapat membawa  minyak esensial (dengan izin rumah sakit), atau apa pun yang membuat ibu merasa nyaman.(1)
  7. Alas Tahan Air Untuk di Mobil
    Dalam perjalanan ke rumah sakit, ibu dapat mengalami pecah ketuban. Untuk menghadapinya, gunakan pembalut besar atau handuk sebagai penutup tempat duduk. Alas tahan air ini sangat praktis untuk melindungi kebersihan saat air ketuban pecah di dalam mobil, karena bisa dilepas pasang dan dicuci dengan mudah setelah penggunaan.(2)

Daftar Barang yang Diperlukan si Kecil

Setelah proses persalinan, banyak persiapan yang harus dilakukan. Berikut daftar barang yang diperlukan si Kecil saat baru lahir. Dengan perlengkapan ini, ibu akan merasa lebih siap saat membawa pulang si kecil.

  1. Pakaian Bayi
    Siapkan pakaian yang cukup. Bawa pakaian dalam dua ukuran untuk menghindari ukuran yang tidak pas. Jangan lupa membawa kain bedong yang lembut dan nyaman. Siapkan juga pakaian pulang dengan kaus kaki dan topi jika diperlukan. Pastikan si kecil selalu nyaman dan hangat. Lindungi kulitnya dengan sarung tangan, sarung kaki, dan topi karena mereka belum terbiasa dengan udara sekitar. Si Kecil akan tetap hangat dan nyaman dengan perlindungan ekstra ini.(1)
  2. Perlengkapan Popok
    Saat masih berada di rumah sakit, popok dan tisu popok akan disediakan untuk si Kecil. Namun, pastikan ibu juga menyiapkan clodi, disposable diapers, atau popok kain untuk persiapan setelah pulang dari rumah sakit. Dengan persiapan ini, ibu akan lebih siap menghadapi kebutuhan penting si Kecil di rumah dengan lebih nyaman.(1)
  3. Selimut Bayi
    Rumah sakit akan menyediakan selimut untuk membungkus si Kecil saat masih berada di sana, namun untuk perjalanan pulang, ibu dapat menyiapkan selimut sendiri untuk perjalanan. Pastikan selimut cukup untuk melindungi si Kecil dari cuaca saat pulang ke rumah. Pilih selimut yang tebal jika cuaca dingin untuk menjaga kehangatan dan kenyamanannya.(1)

Itulah sejumlah barang yang dibawa saat persalinan melahirkan yang harus dibawa untuk ibu dan juga si Kecil. Berikan awal terbaik untuk Ibu dan Calon Buah hati dengan mempersiapkan segala sesuatunya sebelum hari persalinan dengan tujuan memberikan rasa aman dan kesiapan ibu menjelang persalinan. Selain itu, tetaplah rutin untuk check up agar proses persalinan dapat berjalan lancar. Konsumsi suplemen multivitamin kehamilan yang mengandung Vitamin B9 (Asam Folat dan Metafolin) 800 mcg, vitamin D 1000 IU, serta vitamin dan mineral lainnya sebanyak sekali sehari agar dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi. Semoga semuanya lancar hingga hari H, ya.

CH-20240408-05

Artikel ini ditinjau oleh: 
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

Reference:

  1. Kate Marple. Hospital Bag Checklist: What to Pack in your Hospital Bag. Baby Center
    https://www.babycenter.com/pregnancy/your-body/packing-for-the-hospital-or-birth-center_185#hospital-bag-checklist-for-moms 
  2. Robin Elise Weis PhD. MPH. Tips for the Car Ride to the Hospital While in Labor. Verrywellfamily
    https://www.verywellfamily.com/tips-for-the-hospital-ride-in-labor-4111087