Nutrisi Vitamin Agar Cepat Hamil yang Harus Kamu Coba

Bagi para pejuang dua garis biru, mendapatkan kabar bahagia positif hamil adalah momen yang selalu dinanti-nantikan. Jika saat ini kamu dan pasangan tengah berjuang setelah sekian lama, jangan pantang menyerah dulu ya. Ada berbagai cara dan faktor yang bisa mempengaruhi kehamilan, dan salah satunya adalah dengan menutrisi tubuhmu dari dalam dengan vitamin penyubur kandungan. Supaya bisa meningkatkan peluangmu agar segera mendapatkan anak, tak ada salahnya untuk mulai mempelajari apa saja asupan yang dibutuhkan seperti vitamin agar cepat hamil di bawah ini. 

Daftar Vitamin Agar Cepat Hamil 

  1. Asam folat. Biasanya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi vitamin buat promil yang mengandung asam folat selama kehamilan untuk mengurangi risiko cacat dan keguguran pada kandungannya. Namun, zat yang satu ini juga membantu meningkatkan kesuburan wanita dan pria, karena khasiatnya yang mampu memperbaiki kesehatan sel telur dan sel sperma. Jadi, sebaiknya mulai konsumsi sejak kamu sedang ingin memulai program hamil ya!(1)

    Kini telah hadir vitamin B9 dengan generasi terbaru, yaitu Metafolin. Metafolin merupakan bentuk aktif dari asam folat yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Sehingga lebih optimal untuk kebutuhan vitamin ibu hamil dan janin. Metafolin tersedia dalam bentuk suplemen yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.
  2. Vitamin B Kompleks. Konsumsi vitamin B secara umum sebenarnya baik untuk menjaga kesehatan bagi pria maupun wanita:
    • Vitamin B2: Tahukah kamu jika jumlah riboflavin (vitamin B2) yang tidak mencukupi dapat berpengaruh pada penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh? Kalau kamu sedang promil, tentunya asupan nutrisi sangat penting bukan? Selain itu, B2 juga diperlukan untuk membangun sel dan jaringan yang diperlukan oleh janin nantinya.(2)
    • Vitamin B6: Jangan lewatkan juga vitamin B yang satu ini. Vitamin B6 berperan untuk menjaga keseimbangan hormon pada wanita. Dampaknya, siklus haid pada wanita dan ovulasi menjadi lebih teratur, termasuk meningkatkan peluang untuk hamil.(3)
    • Vitamin B12: menurunkan kadar homosistein yang meningkatkan kemungkinan keberhasilan pembuahan sel telur dan mencegah dengan keguguran. Asupan B12 pada pria juga menghasilkan kualitas sel sperma yang lebih baik.(3)
  3. Vitamin C. Dengan mengikuti beberapa tips perubahan pola makan, seperti perbanyak konsumsi Vitamin C juga bisa meningkatkan peluang kehamilan. Vitamin yang sering ditemukan dalam buah jeruk ini mampu menaikkan kadar hormon dan kesuburan pada wanita maupun melindungi kerusakan sel sperma pada pria serta masalah kromosom lainnya yang bisa menimpa janin.(4)
  4. Vitamin D. Meskipun cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan paparan sinar matahari yang sehat, saat ini kekurangan vitamin D adalah hal yang umum terjadi. Padahal, vitamin D sangat penting untuk perkembangan hormon terutama pada siklus menstruasi wanita dan keseimbangan tubuh selama masa kehamilan.(1)
  5. Vitamin E. Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan khasiat vitamin E dari berbagai produk perawatan kulit. Tak heran, karena vitamin E berfungsi untuk memperbaiki sel, yang juga membuatnya sangat efektif sebagai vitamin kesuburan. Vitamin E mampu mendukung kualitas sel telur yang sehat, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk calon ibu hamil.(1)
  6. Zat besi. Zat besi merupakan asupan nutrisi yang cukup mudah ditemukan dalam berbagai sumber makanan seperti sayur bayam dan daging ayam atau sapi. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 438 wanita dengan kategori “tidak subur”, mereka yang rutin mengkonsumsi suplemen agar cepat hamil yang mengandung zat besi memiliki risiko infertilitas yang jauh lebih rendah.(4)
  7. Selenium. Apakah kamu pernah mendengar selenium sebelumnya? Jika belum, maka kamu harus tahu manfaat selenium untuk kesuburan. Zat yang satu ini merupakan antioksidan yang mampu membantu melindungi baik sel telur dan sel sperma dari berbagai risiko kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.(4)
  8. Zinc. Zinc atau seng mampu mengontrol kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh untuk membentuk sistem reproduksi yang sehat. Tingkat zinc yang rendah seringkali dikaitkan dengan keguguran pada tahap awal kehamilan. Sementara itu, konsumsi zinc yang cukup telah terbukti dapat meningkatkan jumlah sel sperma, memperbaiki bentuk, fungsi, dan kualitas sperma pria.(4)

Itulah daftar nutrisi dan vitamin agar cepat hamil yang harus kamu ketahui. Untuk segera mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya konsultasikan juga dengan dokter kandungan saat merencanakan program agar cepat hamil. Berikan awal terbaik buat Ibu dan Calon Buah Hati dengan pilih Multivitamin dan Mineral yang siap menutrisi sejak persiapan kehamilan, juga cegah risiko kecacatan janin. Melalui artikel ini, kami juga kirimkan doa terbaik untuk perjuanganmu dan pasangan. Semoga upayamu berhasil!

CH-20240408-05

Artikel ini ditinjau oleh: 
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

Reference:

  1. Katherine Martinelli. The Best Fertility Vitamins to Help You and Your Partner Conceive. The Bump. https://www.thebump.com/a/vitamins-you-need-to-conceive. 
  2. Impryl Team. Vitamin B2 and Fertility. Impryl USA. https://imprylusa.com/nutrition/b2-and-fertility/.
  3. Progyny Team. The Best Vitamins and Supplements to Boost Your Fertility. Progyny. https://progyny.com/education/the-best-vitamins-and-supplements-to-boost-your-fertility/ 
  4. Ruthie Harper. How To Increase Chance of Conception. Ruthie Harper. https://www.ruthieharper.com/how-to-increase-chance-of-conception/#:~:text=Vitamin%20C%20improves%20hormone%20levels,in%20the%20British%20Medical%20Journal.