Pentingnya Asam Folat Untuk Promil Agar Lebih Optimal

Mungkin kamu sudah pernah mendengar bahwa Folic Acid atau asam folat untuk promil sangat dibutuhkan oleh pasangan yang ingin segera punya anak. Ya, para calon ibu yang sedang merencanakan promil (program kehamilan) disarankan untuk mengonsumsinya. Pasalnya, asam folat dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat, serta dapat melindungi bayi dari risiko cacat. Itulah mengapa sangat krusial untuk mengonsumsinya sebelum dan selama awal kehamilan. Lantas, apakah ada lagi alasan lainnya mengapa asam folat untuk program hamil sangat penting? Yuk, kita bahas alasannya di sini.

Panduan Mengkonsumsi Asam Folat Untuk Promil

Penting bagi setiap wanita untuk mengkonsumsi asam folat untuk promil setiap hari karena memiliki peran dalam pembentukan sel baru, terutama bagi ibu hamil dan yang sedang merencanakannya. Jika kamu sedang melakukan program kehamilan, berikut panduan penggunaannya.

  1. Waktu Mulai Mengkonsumsi Asam Folat Untuk Promil
    Mulailah mengkonsumsi asam folat setiap hari sebaiknya dalam 3 bulan sebelum kehamilan (seperti yang direkomendasikan FIGO) hingga 12 minggu pertama kehamilan. Dengan memenuhi kebutuhan asam folat ini, kamu sedang membangun pondasi yang kuat untuk masa depan si Kecil.(1)
  2. Dosis Asam Folat untuk Promil
    Dosis kebutuhan asam folat untuk wanita yang sedang menjalani program hamil adalah 400-800 mikrogram (mcg) setiap hari. Asam folat dapat didapat dari makanan atau suplemen. Sehingga, penting juga untuk menjaga pola makan seimbang dengan makanan kaya folat alami.(2)

Manfaat Asam Folat Untuk Program Hamil

Asam folat sangat penting selama program kehamilan, sehingga banyak wanita menggunakan suplemen asam folat untuk memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan. Berikut manfaat asam folat bagi program kehamilan:

  1. Meningkatkan Kesuburan Wanita
    Pada wanita, asam folat menjaga kesehatan ovarium (indung telur), mendukung proses pembuahan dan perkembangan janin, serta menjaga kesehatan kandungan. Sedangkan pada saat masa kehamilan, bayi akan membutuhkan berbagai asupan nutrisi untuk mendukung perkembangan sel tubuhnya.(3)
  2. Mengurangi Resiko Keguguran dan Kelahiran Prematur
    Ibu hamil yang sehat memiliki risiko lebih rendah terkena keguguran dan persalinan prematur. Asupan nutrisi yang cukup saat hamil sangat penting. Asam folat penting dalam pembentukan tabung saraf saat bayi sedang berkembang dalam kandungan. Ini membantu mencegah cacat lahir pada otak dan tulang belakang. Asam folat juga dapat mengurangi risiko kelahiran prematur dan bayi dengan berat bayi lahir rendah.(3)
  3. Meningkatkan Kesuburan Pria
    Yup, kamu tak salah baca. Asam folat juga bermanfaat bagi pria, bukan hanya bagi bumil dan bayi. Ingat, agar embrio bisa terbentuk, kita membutuhkan sel telur dan sperma. Nah, asam folat merupakan nutrisi penting untuk produksi sel sperma ini. Penelitian menemukan bahwa kadar folat yang rendah dalam air mani berhubungan dengan DNA sperma yang buruk.(3)
     

Manfaat Asam Folat Bagi Janin

Selain bermanfaat dalam program hamil, asam folat juga sangat penting selama masa kehamilan berlangsung, sehingga banyak wanita menggunakan suplemen asam folat untuk memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan. Berikut manfaat asam folat selama masa kehamilan:

  1. Mencegah Bayi Terlahir Cacat
    Kekurangan asam folat pada wanita meningkatkan risiko bayi lahir dengan cacat tabung saraf. Asam folat mendukung pembelahan sel dan perkembangan janin yang sehat. Pentingnya asam folat dalam perkembangan tumbuh kembang janin telah terbukti dapat mengurangi risiko cacat bawaan, seperti spina bifida (cacat tabung saraf), bibir sumbing, dan penyakit jantung.(3)
  2. Mendukung Pertumbuhan Janin
    Selain melindungi bayi dari berbagai risiko cacat tabung saraf, asam folat memiliki manfaat dalam pembentuk DNA janin, di mana hal ini berperan penting terhadap produksi sel-sel baru di dalam tubuh (contohnya seperti sel darah merah), fungsi otak dan pembentukan sistem kekebalan tubuh yang baik.(4)

Dengan memahami dan mengikuti panduan konsumsi asam folat untuk promil, kamu dapat meningkatkan peluang kehamilan yang optimal. Kini telah hadir vitamin B9 generasi terbaru, Metafolin, yang merupakan bentuk folat aktif yang dapat diserap langsung oleh tubuh. Jadi, jangan lupa untuk menjaga asupan suplemen vitamin B9 (Asam Folat dan Metafolin) sebanyak 800 mcg  1 kali sehari selama 3 bulan sebelum program hamil untuk meningkatkan kesuburan. Dengan langkah ini, kamu sedang memberikan dukungan yang optimal untuk kesehatan reproduksimu dan peluang terwujudnya keluarga kecil yang kamu impikan.

CH-20240408-05

Artikel ini ditinjau oleh: 
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

Reference:

  1. March of Dimes Team. Folic Acid. March of Dimes
    https://www.marchofdimes.org/find-support/topics/pregnancy/folic-acid#:~:text=Start%20taking%20400%20mcg%20of,help%20your%20body%20stay%20healthy 
  2. CDC Team. Folic Acid. Centers for Disease Control and Prevention
    https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/about.html 
  3. Rachel Gurevich, RN. Why Folic Acid Is So Important for Fertility. Very Well Family
    https://www.verywellfamily.com/folic-acid-for-female-and-male-fertility-1959878#:~:text=Folic%20acid%20is%20an%20important,they%20are%20not%20all%20equal 
  4. Dr. Will Haas, MD, MBA & Dr. Ashley Eskew MD, MSCI. Folic Acid for Fertility:  How Much Folic Acid is Enough? Ovulife MD. https://www.ovulifemd.com/folic-acid-for-fertility/