Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Selama masa kehamilan demi kesehatan ibu dan bayi, pola makan juga harus diperhatikan. Pasalnya, nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu menjadi sumber pertumbuhan bagi bayi yang masih berada di dalam dalam kandungan. Makanan bergizi adalah kunci utama untuk memenuhi kebutuhan keduanya dan pelengkap asupan baik dengan suplementasi multivitamin dan mineral persiapan kehamilan. Oleh karena itu, pilihan makanan yang tepat sangatlah penting. Yuk, kenali beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil.

Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Makanan seimbang dan bergizi saat hamil penting bagi ibu hamil dan si bayi. Prinsip dasarnya sama dengan pola makan sehari-hari, yaitu mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Simak apa saja daftarnya di bawah ini agar lebih paham tentang jenis makanan yang baik untuk ibu hamil.

  1. Sayuran Hijau
    Tak perlu diragukan lagi, sayur termasuk jenis makanan yang baik untuk ibu hamil. Sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, dan bayam adalah sumber nutrisi. Sayuran hijau mengandung serat, vitamin C, K, A, kalsium, zat besi, folat, dan antioksidan. Menambahkan lebih banyak sayuran hijau ke dalam makanan orang hamil yang dapat meningkatkan asupan vitamin dan sistem pencernaan.(1)
  2. Daging
    Dalam kehamilan, daging sangat penting sebagai sumber protein berkualitas tinggi yakni mengandung zat besi, kolin, dan vitamin B yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan berisiko pada berat badan lahir rendah serta komplikasi lainnya. Pastikan asupan zat besi yang cukup, terutama pada trimester ketiga kehamilan.(1)
  3. Legumes (kacang-kacangan)
    Makanan ibu hamil lainnya adalah kacang polong, buncis, kedelai, dan kacang tanah karena kaya akan serat, protein, zat besi, folat, dan kalsium nabati. Folat (vitamin B9) memiliki peran penting terutama pada trimester pertama dan sebelumnya. Memakan produk olahannya seperti tahu dan tempe juga baik untuk Ibu hamil.(1)
  4. Produk Susu
    Siapa yang tak kenal dengan makanan yang baik untuk ibu hamil yang satu ini. Selama kehamilan, diperlukan lebih banyak protein dan kalsium untuk pertumbuhan bayi. Pilihan yang tepat adalah produk seperti susu, keju, dan yogurt. Produk susu mengandung protein berkualitas tinggi protein serta kalsium dan nutrisi penting lainnya seperti fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc yang membantumu tetap sigap dalam menjaga kesehatan kehamilan.(1)

Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Saat hamil, jangan biarkan perutmu kosong! Pilihlah cemilan yang menyenangkan hati dan menyehatkan bagi bayi. Berikut adalah jenis cemilan yang sehat untuk ibu hamil.

  1. Ubi
    Ubi tidak hanya lezat dalam berbagai hidangan, tetapi juga mengandung beta karoten yang penting untuk perkembangan bayi. Kandungan serat ini membantu menjaga kenyang lebih lama, menstabilkan gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan, terutama untuk mengatasi sembelit saat hamil. Jika bosan dengan ubi rebus, kamu juga dapat membuat camilan lain seperti keripik ubi.(1)
  2. Smoothie
    Minum smoothie saat hamil dapat meningkatkan nutrisi dan meredakan mual. Vitamin B6 membantu atasi mual di awal kehamilan dan mendukung perkembangan bayi yang sehat. Jangan lupa isi smoothie dengan pisang, bayam, kacang, dan alpukat untuk mendapatkan sumber alami B6. Agar kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, gunakan susu rendah lemak untuk membuat smoothie.(2)
  3. Granola
    Granola adalah camilan praktis yang dapat dibawa saat bepergian tanpa perlu pendingin. Granola mengandung biji-bijian utuh, serat, dan karbohidrat kompleks yang membantu mengatasi kelelahan pada sore hari. Pilihlah granola bar dengan kurang dari 10 gram gula dan minimal 3 gram serat per porsi.(2)
  4. Popcorn
    Siapa sangka popcorn bisa menjadi camilan sehat? Dengan membuat popcorn sendiri di rumah untuk mengurangi kalori dan menghindari kelebihan mentega dan garam ibu hamil tetap bisa menikmati popcorn yang lezat dan sehat. Jangan lupa untuk tambahkan parutan keju parmesan untuk memberikan rasa yang istimewa.(3)
  5. Edamame
    Edamame adalah camilan lezat dari sushi-bar yang dapat menjadi pilihan baik selama kehamilan. Camilan ini mudah ditemukan di toko bahan makanan dalam kemasan yang praktis. Cukup panaskan dalam microwave untuk mendapatkan porsi vitamin C yang sehat.(3)

Selain itu, kini telah hadir generasi terbaru dari Vitamin B9, yaitu Metafolin yang saat ini hanya tersedia dalam bentuk suplemen kehamilan. Metafolin adalah bentuk folat aktif yang dapat langsung diserap oleh tubuh Ibu untuk membantu mencegah kecacatan janin dan sudah diakui aman untuk penggunaan dalam makanan, medis, serta suplemen kesehatan.

Jadi, pastikan agar ibu hamil mendapatkan nutrisi optimal selama kehamilan, karena makanan yang baik untuk ibu hamil berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan pada bayi. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan. Jangan lupa, dapatkan dukungan suplemen yang diperkaya vitamin B9 (Asam Folat dan Metafolin) 800 mcg, vitamin D 1000 IU, serta vitamin dan mineral lainnya sekali sehari untuk melengkapi asupan nutrisi sejak persiapan kehamilan.

Dengan menerapkan asupan dan nutrisi yang baik semoga kehamilanmu dapat berjalan lancar dan sehat!

CH-20240408-05

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

Reference:

  1. Grant Tinsley, Ph.D, CSCS, D, CISSN Nutrition. Pregnancy Diet: 13 Foods to Eats While Pregnant. Healthline
    https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#salmon
  2. Lindsey DeSoto, RD, LD. Healthy Snacks For Pregnancy: Ideas, Tips, Preparation. VeryWellHealth
    https://www.verywellhealth.com/healthy-snacks-for-pregnancy-5213036
  3. Kylie McConville. 20 Healthy Pregnancy Snacks. The Bump
    https://www.thebump.com/a/healthy-low-calorie-snacks