Tips Menghilangkan Rasa Malas Saat Hamil Agar Tetap Produktif

Hamil bawaannya malas, wajar atau tidak ya? Ketika menjalani kehamilan, sering kali kita merasa kelelahan dan rasa malas, terutama pada 12 minggu pertama. Pasalnya, perubahan hormon dapat mempengaruhi tubuh hingga menyebabkan kelelahan, mual dan malas. Namun, jangan khawatir, kamu tidak sendirian, karena ternyata banyak bumil mengalami hal serupa, lho! Lantas, bagaimana cara mengatasi malas dan kelelahan ini? Berikut info lebih lanjut tentang tips menghilangkan rasa malas saat hamil.

Tips Menghilangkan Rasa Malas Saat Hamil

Rasa malas pada awal kehamilan bagi beberapa orang lebih merupakan proses penyesuaian dibandingkan dengan mual di pagi hari. Namun jangan khawatir, karena terdapat langkah-langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara agar bumil bisa tetap produktif dan tidak mengabaikan tugas sehari-hari.

  1. Berolahraga Untuk Meningkatkan Stamina
    Berkomitmen untuk berolahraga setiap hari dengan persetujuan dari dokter atau bidan. Salah satunya adalah dengan berolahraga jalan cepat yang memiliki efek positif pada tubuh. Selain meningkatkan kualitas tidur, olahraga juga dapat meningkatkan stamina selama kehamilan. Pilihlah olahraga ringan dan aman seperti pilates, yoga, berenang, atau rutinitas olahraga lain yang dapat dilakukan di rumah.(1)
  2. Perhatikan Kualitas Tidur
    Tips yang ini lebih ke cara mengatasi kecapean pada ibu hamil. Kalau terlalu lelah, tentu rasanya ingin rebahan terus-terusan kan? Jadi, pastikan bumil punya waktu tidur yang cukup, antara 8-9 jam setiap malam, agar kualitas istirahat tak terganggu. Jika memungkinkan, tidur siang selama 15 hingga 20 menit juga bisa membuat tubuh lebih fresh. Namun, jangan sampai tidur berlebihan, karena justru dapat menambah kelelahan dan membuat tubuh terasa malas.(1)
  3. Penuhi Asupan Nutrisi Yang Sehat
    Kehamilan dapat menyebabkan penurunan tekanan darah dan gula darah, yang menyebabkan rasa malas. Jaga keseimbangan gula darah dan energi dengan makan secara teratur dalam porsi kecil. Minumlah cukup air dan pilih pola makan sehat dengan buah dan sayuran, serta makanan rendah lemak yang kaya zat besi dan protein. Sebagai pelengkap awal terbaik, pilih multivitamin dan mineral yang siap dukung Bumil sejak persiapan kehamilan.(2)
  4. Mengisi Hari dengan Aktivitas Relaksasi yang Beragam
    Nikmati kehamilan dengan aktif dan santai. Bergeraklah dengan kegiatan yang aman seperti kelas melukis atau kuliner. Buatlah rencana menyenangkan bersama pasangan setiap weekend, seperti jalan pagi atau jalan santai di Mall. Aktivitas ini menjaga kebugaran tubuh dan memberikan energi positif selama kehamilan. Ingatlah bahwa kehamilan tidak berarti bermalas-malasan, melainkan kesempatan untuk merawat diri dengan aktif.(1)
  5. Buatlah Jadwal Harian
    Buat jadwal dengan konsisten untuk mengatasi rasa malas selama kehamilan. Tetapkan waktu tidur, makan, berolahraga, dan aktivitas lainnya secara teratur. Dengan menjalankan jadwal ini, kamu akan merasa lebih energik dan efisien. Mencatat kegiatan dalam jurnal kehamilan juga dapat membantu mengungkapkan emosi dan memberikan informasi penting tentang pola tidur, termasuk lamanya tidur, gangguan tidur, waktu bangun, dan kualitas tidur yang dialami oleh ibu hamil.(2)
  6. Memanjakan Diri (Self Pampering)
    Nikmati momen relaksasi selama kehamilan dengan pijat prenatal di salon atau spa. Pijatan ini meredakan stres, sakit punggung, dan kaki yang umum pada ibu hamil. Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman-teman, mandi dengan air hangat, minta pasangan untuk memijat, dan beristirahatlah. Kenakan pakaian yang nyaman, membaca buku, nyalakan lilin pengharum, putar musik instrumental menenangkan dan nikmati secangkir teh hangat.(2)

Menghilangkan rasa malas saat hamil bukanlah tugas mudah, namun dengan tips di atas, kamu bisa memperbaiki gaya hidup sekaligus mengurangi stres dan kelelahan selama kehamilan. Jangan lupa agar rutin mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B9 (Asam Folat dan Metafolin) 800 mcg, vitamin D 1000 IU, serta vitamin dan mineral lainnya sehari sekali untuk mendukung pertumbuhan janin yang optimal. Stay healthy, stay productive!

CH-20240408-05

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health

Reference:

  1. Nicole Harris. The Best Natural Ways to Fight Pregnancy Fatigue. Parents
    https://www.parents.com/pregnancy/my-body/how-to-i-help-pregnancy-fatigue/
  2. Deborah Weatherspoon. Welcome to Pregnancy Fatigue: The Most Tired You’ve Ever Felt. Healthline
    https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-fatigue#what-can-you-do